Tuesday, May 31, 2011

Advertising Photography

Fotografi sekarang ini merupakan suatu kegiatan yang sedang digandrungi banyak orang. Semua orang membeli kamera serta aksesorisnya untuk mendapatkan hasil foto yang menarik. Begitu boomingnya aktivitas fotografi ini sehingga orang tua pun tidak mau kalah dan tidak ketinggalan mempelajari teknik fotografi yang cukup sederhana. Pada dasarnya kegiatan fotografi itu sudah ada sejak lama. Pembuatan foto untuk beriklan pun sudah lama dilakukan. Akan tetapi dengan perkembangan teknologi yang menciptakan sistem kamera digital membuka jalur yang lebih mudah bagi kita untuk berprofesi sebagai fotografer. Dengan modal kemampuan berfoto dan feeling yang tepat dapat menjadikan sebuah objek itu terlihat sangat menarik difoto. Peralatan dasar untuk melakukan pemotretan pastinya adalah kamera. Kamera-kamera seperti inilah yang sekarang banyak digunakan oleh orang-orang baik untuk bekerja maupun untuk melakukan kegiatan sampingan. Kamera digital SLR ini didesain khusus untuk menciptakan hasil foto-foto yang menarik dan bagus namun tidak terlepas dari peran dan bakat si pemotret itu sendiri untuk mendapatkan hasil jepretan yang menarik.

Kamera SLR

Dalam beriklan pun, fotografi tidak ditinggalkan. Banyak iklan-iklan yang dikemas dengan menggunakan teknik fotografi dan hasilnya pun sangat tidak mengecewakan. Akan tetapi, untuk menciptakan iklan yang menarik dengan menggunakan teknik fotografi tidak semudah kita memotret objek biasa. Perlu adanya kemampuan khusus dan ide yang menarik. Setiap objek yang ingin di foto membutuhkan trik-trik tertentu agar mendapatkan hasil yang sempurna. Tentunya setiap objek memiliki trik yang berbeda-beda baik untuk foto fashion, still life, food, sport dan masih banyak lainnya. 

Berikut tips-tips yang diberikan oleh Bapak Didit Anindita selakuk dosen yang menyampaikan materi pada perkuliahan Kapita Selekta, Rabu, 25 Mei 2011. Untuk foto fashion, fokus selalu berada pada titik wajah sang model; still life, berpusat pada pencahayaan; sport, menangkap sebuah moment atau kejadian; jurnalistik, tidak mementingkan pada teknik namun lebih kepada moment; arsitektur, memperhatikan untuk garis vertikal dan horizontal jangan sampai distorsi; dan terakhir untuk food atau makanan, tipsnya adalah makanan yang akan kita foto janganlah dimasak hingga matang namun cukup setengah matang saja agar makanan terlihat enak, segar dan menarik. Apabila makanan yang kita foto sudah matang makan akan mengurangi nilai dari foto itu sendiri. Untuk foto jurnalistik, karena ia tidak mementingkan teknik fotografi yang baik maka foto jurnalistik itu harus menangkap sebuah moment yang benar-benar menarik sehingga ketika orang melihat foto tersebut seakan-akan foto itu menceritakan kejadian sesungguhnya kepada orang yang melihatnya (foto bercerita).

Berikut contoh-contohnya...

Fashion Photography
Food Photography

Product Photography

Sport Photography
Still Life Photography - The Hourglass
Journalism Photography
Architecture Photography


REFERENSI:
http://photographycamera-s.com/wp-content/uploads/2010/09/Camera-SLR.jpg
https://ohqtpw.bay.livefilestore.com/y1mConZEhr1LF3shrlqDhxW8qeBSQUbwDt2PlW4adn1t2vrHkEb0Btnzekzbfr1W-7xvyElG5oYHSndtwv_L2kEVtDza5CNHIGTUKHr3ksCfscTzJgpdxCVpGSx5OY8Gc-ClGlrTtVKxhU/fashion,photography,portrait,fashion,photography,girl,beauty-6d9bdd2e10d2a8988282953e30cc7459_h%5B2%5D.jpg
http://luqmanlee.com/photoblog/images/Food.jpg
http://digital-photography-school.com/wp-content/uploads/2009/02/product-photography-2.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_ud0OExJX0Zo/TJBypzTfFCI/AAAAAAAAAA4/nhFmVeu2Mp4/s1600/sport-photograph.jpg
http://www.pwcphoto.com/studio/hourglass.jpg
http://www.pasarkreasi.com/dirmember/00001/syfl80/content/content-4040-20100302-6-38-104/large/%E2%80%9C-nilai-untuk-foto-jurnalistik-%E2%80%9C_4040_l.jpg
http://prestylarasati.files.wordpress.com/2007/12/kohl1.png

Monday, May 23, 2011

Corporate Secretary : Super Sibuk

Sumber : http://1.bp.blogspot.com/_17_s5OSGUf4/TGuEeA-czdI/AAAAAAAAABY/A6iN5g3c8ME/s1600/secretary_1.png
Tahu kah anda maksud dari gambar di atas? Atau, kenal kah anda dengan profesi yang ia tekuni? Ada dua kata yang tepat untuk menggambarkan pekerjaannya yang cukup berat yaitu SS (Super Sibuk). Wanita yang Super Sibuk ini menjalani hidupnya sebagai corporate secretary yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia nya memiliki pengertian yaitu sekretaris perusahaan. 

Selama ini yang kita ketahui tentang sekretaris hanyalah bekerja sebagai asisten dari Bos nya. Pekerjaan yang ia lakukan hanya menyusun jadwal acara, menerima telepon, dan mengerjakan dokumen administrasi. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak lah sesederhana itu. Pekerjaan dari seorang sekretaris perusahaan cukup lah berat. Ia memiliki tugas dah tanggung jawab yang cukup banyak dan tidak semudah yang kita bayangkan selama ini. Terlebih lagi apabila perusahaan itu merupakan perusahaan yang besar tentu tugasnya akan lebih berat dan bertambah banyak.

Secara umum, aku ingin menggambarkan fungsi dari sekretaris perusahaan itu seperti apa. Sekretaris perusahaan membantu Direksi sebagai pejabat penghubung (Liaison Officer) dalam komunikasi dengan Stake Holder sebagai upaya meningkatkan loyalitas para Stake Holder, penyusunan laporan manajemen serta kegiatan yang berhubungan dengan kesekretariatan, penanganan hukum, pengelolaan kehumasan (Relation Officer), Sistem manajemen Mutu dan Sistem Manajemen Informasi Perusahaan.

sumber : http://retnodamayanthi.files.wordpress.com/2008/06/wanita-karir21.jpg


Adapun tugas pokok dari Sekretaris Perusahaan sebagai berikut :
1. Memberikan masukan dari aspek hukum kepada Direksi, berkaitan dengan operasionalisasi dan pengembangan usaha perusahaan.
2.  Mengkoordinasikan pengurusan izin-izin usaha perusahaan.
3.  Menyelenggarakan database dan penyimpanan dokumen asli perusahaan.
4.  Membangun jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak Stake Holder.
5.  Mengupayakan kelancaran pelaksanaan agenda Direksi.
6.  Mengkomunikasikan kebijakan perusahaan dan atau pemerintah kepada pihak internal dan eksternal.
7.  Mengelola dan mengembangkan sistem informasi perusahaan.
8.  Memelihara dan mengembangkan sistem manajemen mutu perusahaan.
9.  Menyiarkan laporan perusahaan sesuai ketentuan yang berlaku.
10. Mengkoordinasikan bahan-bahan laporan untuk Rapat Komisaris dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
11. Merumuskan Sasaran Mutu Unit Kerja dan Prosedur Mutu Unit Kerja yang merupakan penjabaran dari kebijakan mutu dan Sasaran Mutu Perusahaan yang telah ditetapkan.
12. Melaksanakan kegiatan kesekretariatan perusahaan. 
13. Menyiapkan laporan kegiatan Sekretaris Perusahaan secara benar dan tepat waktu.

Melihat begitu banyaknya rentetan tugas yang menanti untuk dikerjakan oleh seorang sekretaris, bagaimana pandangan anda? Masih minat kah anda menjadi sekretaris perusahaan? 

Sedikit banyaknya ada 10 wewenang yang perlu dijalankan oleh seorang sekretaris perusahaan, yakni:
1. Atas sepengetahuan Direksi mengadakan dan membina hubungan dengan para pihak sebagai upaya meningkatkan loyalitas para Stake Holder.
2. Memberikan keterangan pers (press release) mengenai kebijakan perusahaan.
3. Memberikan pertimbangan hukum kepada Direksi dalam merumuskan suatu peraturan atau kebijakan.
4. Merekomendasikan konsep perjanjian kerjasama yang akan ditandatangani oleh Direksi.
5. Mengkoordinasikan penyusunan laporan triwulan perusahaan, Laporan Manajemen, Annual Report serta RJPP.
6. Atas persetujuan Direksi  mewakili perusahaan dalam rangka menyelesaikan perselisihan hukum dengan pihak lain di dalam maupun di luar pengadilan.
7. Menjadi fasilitator dalam pengelolaan dan pengembangan sistem manajemen mutu perusahaan.
8. Mengkoordinasikan penyusunan Sasaran Mutu dan Prosedur Mutu Unit.
9. Mengkoordinasikan kegiatan pengelolaan dan pengembangan sistem informasi manajemen termasuk penyebarluasaan informasi perusahaan melalui jaringan intranet dan internet, operasional sistem komputerisasi Local Area Network dan pengaturan akses informasi.
10. Merekomendasikan spesifikasi teknis perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang digunakan perusahaan.

Semua yang tertulis di atas merupakan gambaran job desk seorang sekretaris perusahaan. Kalau dilihat sekilas memang terlihat sangat banyak namun apabila semua nya itu dijalanin dengan ketulusan dan rasa enjoy maka semua itu tidak lah menjadi sebuah beban berat bagi sang pelaku nya. 

God Bless You  :)

Referensi :
http://www.docstoc.com/docs/50558066/NAMA-JABATAN-SEKRETARIS-PERUSAHAAN-FUNGSI

Tuesday, May 17, 2011

Media Baru dalam Komunikasi

Pastinya kalian semua pernah melihat bahkan mengenal dengan jelas beberapa logo di samping ini. Logo yang terdapat pada gambar di samping merupakan hasil dari perkembangan teknologi media sekarang ini. Dengan adanya perkembangan teknologi memungkinkan munculnya media-media baru. Media baru merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam sebuah jaringan (Wikipedia). Media baru mucul dipicu oleh adanya agensi internasional yang mulai masuk ke dalam suatu negara, adanya teknologi berupa radio, televisi, dan  handphone. Internet merupakan salah satu contoh dari media baru.

Dengan adanya internet, aktivitas manusia seakan-akan berjalan dengan sangat mudah dan transparan. Di dalam internet hampir seluruh aktivitas dapat kita lakukan. Ingin bekerja mencari uang, e-commerce sudah mulai berkembang dengan baik sekarang ini. Ingin mencari teman baik teman lama ataupun teman baru, banyak situs jejaring sosial saat ini yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat untuk menjalin pertemanan. Apabila kita ingin mencari informasi tentang sesuatu, browser-browser yang ada dapat memberikan jawaban dengan lengkap.  Masih banyak hal lain yang dapat kita temukan dan semuanya itu ada di dalam Internet.

Beberapa jenis media baru dalam komunikasi antara lain :
- Video News Release ; berisi news stories siap tayang biasanya digunakan untuk produk kesehatan, teknologi, travel, dan lain-lain.
- Satellite Media Tour ; media dimana seseorang dapat diwawancarai secara langsung oleh stasiun televisi di seluruh tempat yang diinginkan. 
- E-SMT dilakukan dengan menggunakan internet sebagai media salurannya.
- Webcast ; sebuah bentuk dari produksi penyiaran melalui video streaming dan audio.  
- Blogs atau Web Logs ; media yang dapat menyebarkan berita, rumor, kritik, dan opini dengan begitu cepat sehingga banyak praktisi komunikasi  yang menggunakan media ini sebagai sarana evaluasi kinerjanya. 
Email ; tempat dimana pengguna internet dapat mengirimkan sebuah data atau pesan kepada pengguna internet lainnya.

Inilah media-media baru yang dapat kita manfaatkan kegunaannya tentu dengan cara yang benar dan niat yang baik. Sebenarnya masih ada beberapa jenis media baru lainnya yang berhubungan dengan e-commerce, e-marketing, dan lain-lain. Akan tetapi dalam komunikasi, jenis media baru diatas yang lebih berhubungan dan membantu alur informasi komunikasi.  
Media baru yang ditawarkan dunia saat ini memang sangat menggiurkan masyarakat. Sampai-sampai dengan adanya media internet dapat membentuk sebuah komunitas baru yang disebut komunitas maya. Manusia tidak lagi hanya hidup di dunia nyata tetapi mereka juga memiliki kehidupan lain yang bersifat maya. Untuk itu, sebagai pengguna fasilitas maya yang baik, ada baiknya apabila kita dapat mengambil dan menggunakan fasilitas yang disediakan dengan jujur dan bertanggung jawab sehingga tidak muncul hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu terbuka dan bebasnya dunia internet sehingga bukan hanya hal-hal yang baik yang ada di dalamnya, bahkan hal buruk pun dapat kita temukan di sana karena internet mengetahui segala hal, mau hal baik atau hal buruk sekalipun. 

Nikmati Kehebatannya dan Waspadai  Segala Hal yang Ditawarkannya!
GBU

REFERENSI :
http://3.bp.blogspot.com/-tOnkJwLrIEQ/Tc-eS-WCXxI/AAAAAAAAAE0/lHHGza_nPRY/s1600/new-media-websites.jpg
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru
Materi Perkuliahan New Media Advertising

Tuesday, May 10, 2011

Media Sosial : Penggerak Revolusi Politik

Perkembangan teknologi menciptakan situasi baru dalam kehidupan manusia di dunia. Manusia seakan-akan memiliki dua dunia di dalam kehidupannya yakni dunia nyata dan dunia maya. Internet yang tercipta dari kecanggihan teknologi yang terus berkembang, membangun kehidupan baru yang dikenal dengan kehidupan maya. Pada akhirnya, hampir seluruh manusia terjebak di dalam kehidupan maya yang telah mereka ciptakan sendiri. Dengan berkembangnya kehidupan maya yang tercipta lewat hadirnya sebuah internet, maka para ahli komputer pun tidak ingin kalah menunjukkan kebolehan mereka. Mereka menciptakan media-media sosial yang dapat digunakan oleh semua orang dengan cara yang mudah.  

Media sosial merupakan sebuah media dimana kita dapat menyalurkan seluruh informasi, komunikasi, serta pemikiran-pemikiran apa saja yang ingin kita komunikasikan kepada orang lain secara online melalui internet. Begitu banyak media sosial yang ada sekarang ini, salah satu diantaranya facebook. Saya yakin tidak ada seorang pun yang tidak mengenal situs jejaring sosial ini.  Facebook sering kali diperbincangkan baik di dunia maya itu sendiri maupun di dunia nyata. Fenomena-fenomena yang terjadi akibat jejaring sosial ini pun sempat menjadi topik perbincangan yang hangat di masyarakat. Begitu banyak fenomena sosial yang muncul dari eksistensi masyarakat di dunia maya terutama lewat facebook. Misalnya kasus anak gadis yang hilang atau diperkosa oleh orang yang dikenalnya lewat facebook. Hal-hal seperti ini menarik masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial yang satu ini. 

Media sosial lain seperti twitter, blog, youtube, myspace, dan masih banyak lagi yang lainnya juga menawarkan berbagai keunggulan mereka termasuk menjalin hubungan pertemanan agar dapat membangun komunikasi antar sesama sebagai alat penyalur informasi yang sangat mudah digunakan. Akan tetapi, media sosial tidak hanya digunakan untuk sekedar menjalin hubungan pertemanan. Lebih dari itu, media sosial juga digunakan baik dalam politik, ekonomi, maupun budaya. Kehadiran media sosial akhirnya menimbulkan banyak perubahan tidak hanya dalam aspek kehidupan sosial tetapi kepada seluruh aspek kehidupan masyarakat (politik, ekonomi, dan budaya). 

Revolusi yang muncul cukup membawa dampak yang sangat mempengaruhi banyak orang terutama dalam aspek politik. Revolusi politik kini dapat dirasakan mulai dari maraknya kasus Bibit-Chandra yang meminta dukungan lewat facebook. Keberhasilannya bebas dari permasalahan yang mereka hadapi juga merupakan hasil dukungan yang diperoleh dari media sosial. Mulai dari saat itu, media sosial digunakan sebagai ajang memperoleh dukungan dan simpati masyarakat untuk turut sepenanggungan dengan permasalahan yang sedang dialami oleh pihak lain (dalam hal ini berkaitan dengan masalah politik). Fenomena-fenomena lain yang berkaitan dengan politik sekarang ini sering kali muncul melalui media sosial yang ada sehingga kehidupan politik sekarang ini mengalami revolusi yang cukup cepat oleh karena adanya kecanggihan teknologi. Permasalahan politik yang ada di tengah masyarakat lebih marak diperbincangkan di dalam dunia maya ketimbang menjadi perbincangan masyarakat di dunia nyata.

Untuk itu, kita sebagai pengguna media sosial sebaiknya lebih cerdas dalam menggunakan seluruh fasilitas yang media sosial tawarkan agar kita tidak terjebak dalam permasalahan yang mereka timbulkan. 
Jadilah masyarakat yang bijak dalam menanggapi segala fenomena-fenomena yang terjadi di dalam dunia maya khususnya melalui media sosial, agar kita boleh mendapati hidup yang lebih baik dengan menjadi orang bijak.


Referensi:
http://image.tempointeraktif.com/?id=70867&width=274
http://irwanblog.com/wp-content/uploads/2011/04/sm.jpg
http://www.inilah.com/read/detail/171119/gadis-cantik-hilang-karena-facebook


Tuesday, May 3, 2011

Television is Your Partner

Televisi, teman yang baik atau buruk?

Sekarang ini tidak dipungkiri apabila televisi menjadi salah satu pilihan untuk menemani kita disaat waktu luang yang tersedia. Terlebih lagi pada era globalisasi kini yang sedang berkembang dengan pesat mulai menonjolkan kecanggihan teknologi yang menggiurkan termasuk di dalamnya televisi. Zaman modern kini, siapa sih yang ga punya televisi? Baik dari masyarakat golongan mana pun, mereka semua memiliki televisi karena harga sebuah televisi sekarang tidak semahal dulu. 

Televisi merupakan media yang memberikan informasi melalui siaran audio visual. Lewat televisi berbagai informasi tersedia baik itu dalam acara berita maupun acara lainnya. Beberapa tayangan televisi yang tersedia sudah diprogram khusus dari stasiun televisi itu sendiri yang pastinya guna menarik perhatian para pemirsanya. Semua stasiun televisi berlomba-lomba mengadu kehebatan menciptakan dan menyusun program-program menarik. Televisi selain memberikan informasi penting yang layak penonton ketahui, dia juga berperan sebagai penghibur lewat acara-acara yang beragam seperti, sinetron, reality show, variety show, game show, dll. Semua program acara tersebut disusun rapi menyesuaikan jadwal kehidupan sehari-hari kita. Televisi seakan-akan sengaja diatur untuk selalu ada diselah-selah waktu luang kita. Bahkan tidak itu saja, disaat kita sedang bekerja pun terkadang televisi menjadi teman yang cukup baik dengan audionya. Akan tetapi, apakah semua yang disediakan televisi itu baik untuk kita? Sejujurnya adalah tidak. 

Tidak semua program acara televisi yang tersedia itu baik untuk dikonsumsi oleh khalayak. Banyak tayangan-tayangan yang tidak berbobot yang patut diseleksi dalam menerima informasi yang disampaikan. Seperti contohnya sinetron televisi masa kini. Rata-rata semua stasiun televisi memiliki program sinetronnya masing-masing minimal satu buah. Alur sinetron yang ada pun beragam, ada yang drama komedi, percintaan, perebutan kekayaan, dll. Satu hal yang membuat sinetron itu tidak baik dikonsumsi adalah kekerasan yang terkandung disetiap sinetron. Tidak ada satu sinetron pun yang tidak memiliki peran antagonis. Film pendek pun pasti ada peran antagonis. Hal itu sebenarnya tidak salah karena memang sejatinya sebuah alur cerita harus ada peran protagonis dan antagonis. Namun, pembuatan sinetron sekarang ini tidak lagi memikirkan segi pendidikan bagi pemirsa yang melihatnya melainkan hanya mementingkan kepentingan sinetron itu sendiri dengan alur cerita yang dibuat berlebihan. Seperti peran antagonis yang tidak ada hentinya berlaku kejam bahkan dibuat sekejam mungkin demi menarik perhatian penontonya. Mereka tidak memikirkan dampak yang akan muncul dengan menayangkan peran-peran yang berakting melampaui batas yang semestinya.

Maka dari itu, dalam beberapa program acara yang disiarkan oleh televisi, terutama dalam film pendek, sering kali terlihat tulisan R-BO (Remaja-Bimbingan Orangtua) di sudut kiri atas atau kanan bawah. Hal itu ditujukan, agar setiap remaja yang menyaksikan tayangan tersebut sebaiknya juga lewat bimbingan orangtua agar remaja tersebut tidak salah mengartikan pesan yang disampaikan. Melakukan seleksi atas tayangan-tayang yang disiarkan oleh televisi itu sangat diperlukan karena tidak semua yang diberikan oleh televisi itu baik dan sesuai dengan realitas. Tidak sedikit acara televisi yang dibuat dengan rekayasa yang nampaknya seperti asli realita pada umumnya, namun tidak jauh berbeda dengan sinetron-sinetron yang kita saksikan. 

Jangan mau dibodohi oleh tayangan-tayangan televisi tetapi dengan cermat melihat dan menseleksi tayangan-tayangan yang sekiranya berguna bagi masa depan kita!

GBU

Referensi:
http://www.imageenvision.com/150/12552-box-television-clipart-by-djart.jpg